National seminar accounting and debate competition 2021 (nastec)

Ekonomi kreatif merupakan gagasan baru dalam bidang perekonomian yang mengutamakan kreativitas dan informasi sebagai faktor produksi utama. Hal ini merujuk pada  kreativitas,  pengetahuan,  dan ide manusia  yang dapat menciptakan  inovasi  baru un tuk memberikan kontribusi terhad ap perkembangan ekonomi. Pada saat yang sama, era globalisasi yang menjadi latar belakang kemajuan ekonomi kreatif saat ini juga didukung ole h perangkat teknologi yang juga mengalami perkembangan pesat.

Kemajuan ekonomi kreatif tersebut berdampak terhadap keberadaan dan peran akuntansi yang selama ini selalu dibutuhkan dalam dunia bisnis untuk menunJang kelangsung an sebuah   perusahaan   maupun   kegiatan   ekonomi   lainnya.   Akuntansi memeg ang peran yang cukup penting dalam dunia perekonomian, khususnya dalam laporan informasi keuangan. Dengan perkembangan ekonomi kreatif akan banyak infonnasi atau hal baru yang berguna dalam dunia bisnis akibat inovasi dalam industri ekonomi kreatif.

Oleh karena itu,   akuntansi   dituntut   untuk   turut   mel akukan   inovasi   dan meman faatkan kemajuan teknologi dengan mengikuti perkembangan atau   perubahan yang terjadi dalam dunia ekonomi. Dengan demikian profesi  akuntan  sadar  bahwa mereka tidak hanya perlu menjaga kompetensi, tetap i juga mengembangkan kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Hal tersebut yang juga menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk peran akuntansi. Untuk mereaktualisasi peran akuntansi dalam perkembangan ekonomi kreatif, calon akuntan   yang akan menjadi regenerasi di rnasa depan perlu memp ersiapkan di1i un tuk menghadapi perkembangan dunia, khususnya bidang ekonomi. Pada masa yang akan datang, seorang akuntan ditun tut untuk memiliki jiwa adaptif karena perubahan dan inovasi dalam bidang ekonomi pasti te1ja di.

Maka dari itu kami sebagai Himpunan Mahasiswa Akuntansi memberikan sarana berupa National Accounting Seminar and  Debate Competition  Season 3 2021 dengan tema ” Reaktualisasi Peran Akuntansi dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif ‘