GEMAY (GEMAR MEMBACA AKUNTANSI KUY)

Hallo sobat Akuntansi!!!

Taukah kalian??? Pandemi covid 19 selain berdampak pada kesehatan juga berdampak pada perekonomian nasional, termasuk industri perbankan syariah. Salah satu dampaknya yaitu penurunan nilai piutang murabahah.

Sebelum itu, apa sih Murabahah ?

Murabahah adalah akad jual beli barang dengan harga jual sebesar biaya perolehan ditambah keuntungan yang disepakati dan penjual harus mengungkapkan biaya perolehan barang tersebut kepada pembeli kemudian terjadi negoisasi keuntungan yang akhirnya disepakati kedua belah pihak.

Dalam press release IAI mengenai dampak pandemi covid-19 terhadap penerapan ISAK 102 Penurunan Nilai Piutang Murabahah, dijelaskan bahwa untuk penurunan nilai (impairment), ISAK 102 mengharuskan entitas untuk tetap menggunakan kebijakan akuntansi yang telah diterapkan sebelum tahun 2020, seperti incurred loss, regulatory provisioning, atau pendekatan lain, sepanjang pendekatan tersebut menghasilkan informasi yang relevan dan andal. ISAK 102 memberikan petunjuk bagi entitas yang menerapkan incurred loss model, sedangkan entitas yang menerapkan regulatory provisioning atau pendekatan lain dikecualikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *