GEMAY (GEMAR MEMBACA AKUNTANSI KUY)

Halo para akuntan muda!!

Bagaimana kabarnya selama karantina?

Saat pandemi seperti ini berdampak pada laju perekonomian negara. Sehingga menurut IAI setidaknya ada beberapa penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang harus diperhatikan selama pandemi ini. Salah satunya adalah penerapan PSAK 8 memngenai peristiwa setelah periode pelaporan. Sebelum itu apakah kalian tahu apa itu peristiwa setelah periode pelaporan ? peristiwa setelah periode pelaporan adalah peristiwa yang menguntungkan atau tidak menguntungkan yang terjadi diantara akhir periode pelaporan dan tangggal laporan keuangan yang diberikan kuasa untuk terbit.

Ada dua peristiwa setelah periode pelaporan, yaitu:

1.            Peristiwa yang memerlukan penyesuaian

2.            Peristiwa yang tidak memerlukan penyesuaian

Contoh dari peristiwa yang memerlukan penyesuaian diantaranya yaitu perusahaan yang memiliki kewajiban yang harus dibayar, keadaan dimana pelanggan bangkrut, dan adanya kecurangan atau kesalahan. Sedangkan Peristiwa yang tidak memerlukan penyesuaian yaitu penurunan nilai pasar atau investasi, penggabungan usaha, dan kerusakan aset akibat kebakaran.

Dan bagaimana dengan kondisi perusahaan setelah periode pelaporan? Jika diperoleh bukti kuat bahwa perusahaan akan dihentikan usahanya atau jika manajemen tidak memiliki alternatif lain yang realistis kecuali melikuidasi perusahaan. Jadi sebagai calon akuntan, apakah kalian sudah memahami hal ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *